PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester : V(LIMA) / 1
Alokasi Waktu : 280 menit
Standar Kompetensi : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN I,II ,III DAN 4
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan hitung bilangan bulat termasuk penggunaannya, sifat-sifatnya pembulatan dan penafsirannya
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu menggunakan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien
Peserta didik mampu membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
Peserta didik mampu menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan
Materi AjarPengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 60 menitEksplorasi
Guru menjelaskan tentang penggunaan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien dan memberikan contohnya
Guru menjelaskancara pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat dan memberikan contohnya
Guru menjelaskan cara menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan dan memberikan contohnya
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal komutatif, asosiatif, dan distributif
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 40 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber BelajarMatematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien Mampu membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat Mampu menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan | Tes Tulisan | Daftar pertanyaan | - (-20)+5=……..+……… - {4+(-2)}+8=4+{(..)+8)} - (2x5)x4=…x…=… 2x(5x4) =…x…=… Jadi, (2x5)x4=2x(5x4) - 9x(10+2)=(…x…)+(..x..)=…+…=…. - 28,3 dibulatkan menjadi….. - 61 dibulatkan menjadi….. - 25.752 dibulatkan menjadi….. - 24+39 kira-kira…. - 215+357 kira-kira… | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, Juli 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester
Alokasi Waktu : 210 menit
Standar Kompetensi : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN V,VI dan VII
Kompetensi Dasar
Menggunakan factor prima untuk menentu
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu menentukan KPK dan FPB menggunakan faktorisasi prima
Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
Materi AjarPengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menitEksplorasi
Guru menjelaskan tentang menggunakan faktorisasi prima dalam menentukan KPK dan FPB
Guru menjelaskan cara penggunaan factor prima untuk memecahkan masalah sehari-hari
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal faktorisasi prima
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal faktorisasi dalam pemecahan masalah seharo-hari
Konfirmasi (120 menit)Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber BelajarMatematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Mampu menentukan KPK dan FPB menggunakan faktorisasi prima Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB | Tes Tulisan Unjuk kerja | Daftar pertanyaan | - Dua buah lampu masing-masing menyala dalam 10 detik dan 14 detik sekali. Pada detik keberapa kedua lampu akan menyala bersama-sama lagi | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, Juli 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN VIII,IX dan X
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan hitung campuran bilangan bulat
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Peserta didik mampu melakukan perkalian dan pembagian bilangan bulat
Peserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Materi AjarPengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menitEksplorasi
Guru memberikan contoh cara penjumlahan dan pengurangan
Guru memberikan contoh cara pengalian dan pembagian
Guru memberikan contoh pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal penjumlahan dan pengurangan
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal perkalian dan pembagian
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Konfirmasi (120 menit)Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber BelajarMatematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat Mampu melakukan perkalian dan pembagian bilangan bulat Mampu melakukan pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat | Tes Tulisan Unjuk kerja | Daftar pertanyaan | - Buatlah dalam garis bilangan 2+3= - Buatlah dalam garis bilangan (-2)+(-3)= - Buatlah dalam garis bilangan 6-4= - Buatlah dalam garis bilangan5-(-3)= - 3x(-3)= - 32:8= | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN VIII,IX dan X
Kompetensi Dasar
Menghitung pemangkatan dan akar sederhana
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Peserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Peserta didik mampu melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Materi AjarPengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 60 menitEksplorasi
Guru memberikan contoh cara melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Guru memberikan contoh cara melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Guru memberikan contoh melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Guru memberikan contoh memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Konfirmasi (160 menit)Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 40 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber BelajarMatematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Mampu melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang Mampu melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua Mampu melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat | Tes Tulisan Unjuk kerja | Daftar pertanyaan | - Dua pangkat 2 ditulis… - 2 pangkat 2=…..x….. 2 2 - 4 + 2 =… - √16 = - Ibu membeli gelas 12 lusin. Berapa gelas yang dibeli ibu .. | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, 2010
Mengetahui, Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN XI,XII dan XIII
Kompetensi Dasar
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu menentukan notasi waktu 24 jam
Materi AjarPengukuran tanda waktu
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menitEksplorasi
Guru memberikan contoh menentukan tanda waktu pagi, siang, malam
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal menentukan tanda waktu pagi, siang, malam
Konfirmasi (120 menit)Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Mampu menentukan notasi waktu 24 jam | Tes Tulisan Unjuk kerja | Daftar pertanyaan | - Gambarlah pada jam pukul 12,00 | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Kelas/Semester
Alokasi Waktu
Standar Kompetensi : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
PERTEMUAN XIV,XV
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan satuan hitung
Tujuan PembelajaranPeserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu
Materi AjarPengukuran tanda waktu
Metode Pembelajaranceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah PembelajaranKegiatan awal 20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menitEksplorasi
Guru memberikan contoh melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu
Elaborasi Guru memberikan tugas pada peserta didik untuk mengerjakan contoh soal cerita tentang tanda waktu
Konfirmasi (120 menit)Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menitGuru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian Indikator | Penilaian | Instrument | Karakter | |
teknik | Bentuk Instrumen | |||
Mampu melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu | Tes Tulisan Unjuk kerja | Daftar pertanyaan | - Gambarlah pada jam pukul 13,00 - Ayah pulang dari Jakarta pukul 23,00 atau disebut juga pukul….. | Mandiri Rasa ingin tahu |
gowa, 2011
Mengetahui, Kepala Sekolah
bagi yang mau rpp lihgat aja di sini. kawan butuh, informasi kirim aja ke email ....sahadn420@gmail.com
BalasHapus