Senin, 07 November 2011

PEMBELAJARAN
                                                  Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 280  menit
Standar Kompetensi                       : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN I,II ,III DAN 4
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan hitung bilangan  bulat termasuk penggunaannya, sifat-sifatnya pembulatan dan penafsirannya
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menggunakan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien
Peserta didik mampu membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
Peserta didik mampu menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan
Materi Ajar
Pengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 60 menit
Eksplorasi
Guru menjelaskan tentang penggunaan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien dan memberikan contohnya
Guru menjelaskancara pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat dan memberikan contohnya
Guru menjelaskan cara menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan dan memberikan contohnya
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal komutatif, asosiatif, dan distributif
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan


Konfirmasi (160 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 40 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif, dan distributif untuk melakukan penghitungan secara efisien

Mampu membulatkan bilangan dalam satuan, puluhan dan ratusan terdekat

Mampu menafsirkan hasil pengerjaan hitung 2 bilangan
Tes Tulisan













Daftar pertanyaan













-   (-20)+5=……..+………
-   {4+(-2)}+8=4+{(..)+8)}
-   (2x5)x4=…x…=…
2x(5x4) =…x…=…
Jadi, (2x5)x4=2x(5x4)
-   9x(10+2)=(…x…)+(..x..)=…+…=….
-   28,3 dibulatkan menjadi…..
-   61 dibulatkan menjadi…..
-   25.752 dibulatkan menjadi…..
-   24+39 kira-kira….
-   215+357 kira-kira…

Mandiri
Rasa ingin tahu



gowa,    Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                 Mata Pelajaran                                   : Matematika
                                                  Kelas/Semester                                 : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 210  menit
Standar Kompetensi                         : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN V,VI dan VII
Kompetensi Dasar
Menggunakan factor prima untuk menentu
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menentukan KPK dan FPB menggunakan faktorisasi prima
Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
Materi Ajar
Pengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menit
Eksplorasi
Guru menjelaskan tentang menggunakan faktorisasi prima dalam menentukan KPK dan FPB
Guru menjelaskan cara penggunaan factor prima untuk memecahkan masalah sehari-hari
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal faktorisasi prima
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal faktorisasi dalam pemecahan masalah seharo-hari
Konfirmasi (120 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Mampu menentukan KPK dan FPB menggunakan faktorisasi prima

Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB

Tes Tulisan
Unjuk kerja





Daftar pertanyaan







-   Dua buah lampu masing-masing menyala dalam 10 detik dan 14 detik sekali. Pada detik keberapa kedua lampu akan menyala bersama-sama lagi
Mandiri
Rasa ingin tahu


gowa,    Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                                : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 210  menit
Standar Kompetensi                       : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN VIII,IX dan X
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan hitung campuran bilangan bulat
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
Peserta didik mampu melakukan perkalian dan pembagian bilangan bulat
Peserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Materi Ajar
Pengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menit
Eksplorasi
Guru memberikan contoh cara penjumlahan dan pengurangan
Guru memberikan contoh cara pengalian dan pembagian
Guru memberikan contoh pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal penjumlahan dan pengurangan
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal perkalian dan pembagian
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat
Konfirmasi (120 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Mampu melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat

Mampu melakukan perkalian dan pembagian bilangan bulat

Mampu melakukan pengerjaan hitung bilangan campuran bilangan bulat

Tes Tulisan
Unjuk kerja





Daftar pertanyaan







-   Buatlah dalam garis bilangan 2+3=
-   Buatlah dalam garis bilangan (-2)+(-3)=
-   Buatlah dalam garis bilangan 6-4=
-   Buatlah dalam garis bilangan5-(-3)=
-   3x(-3)=
-   32:8=
Mandiri
Rasa ingin tahu



gowa,   2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                                : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 280  menit
Standar Kompetensi                       : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN VIII,IX dan X
Kompetensi Dasar
Menghitung pemangkatan dan akar sederhana
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Peserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Peserta didik mampu melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Materi Ajar
Pengerjaan hitung bilangan bulat
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 60 menit
Eksplorasi
Guru memberikan contoh cara melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Guru memberikan contoh cara melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Guru memberikan contoh melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Guru memberikan contoh memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal pemangkatan dua sebagai perkalian berulang
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat
Konfirmasi (160 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 40 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya
Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Mampu melakukan pemangkatan dua sebagai perkalian berulang

Mampu melakukan pengerjaan hitung yang melibatkan pemangkatan dua

Mampu melakukan penarikan pangkat dua dari bilangan kuadrat

Mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan akar pangkat dua dan bilangan kuadrat

Tes Tulisan
Unjuk kerja





Daftar pertanyaan







-   Dua pangkat 2 ditulis…
-   2 pangkat 2=…..x…..
   2      2
-   4   + 2    =…
-   √16 =
-   Ibu membeli gelas 12 lusin. Berapa gelas yang dibeli ibu ..
Mandiri
Rasa ingin tahu


gowa,   2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                                : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 210  menit
Standar Kompetensi                       : Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN XI,XII dan XIII
Kompetensi Dasar
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu menentukan notasi waktu 24 jam
Materi Ajar
Pengukuran tanda waktu
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menit
Eksplorasi
Guru memberikan contoh menentukan tanda waktu pagi, siang, malam
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal menentukan tanda waktu pagi, siang, malam
Konfirmasi (120 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya




Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Mampu menentukan notasi waktu 24 jam

Tes Tulisan
Unjuk kerja





Daftar pertanyaan







-   Gambarlah pada jam pukul 12,00

Mandiri
Rasa ingin tahu


gowa,   2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                                 : Matematika
Kelas/Semester                                                : V(LIMA) / 1
Alokasi  Waktu                                  : 210  menit
Standar Kompetensi                       : Mengadakan penegerjaan hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

PERTEMUAN XIV,XV
Kompetensi Dasar
Melakukan pengerjaan satuan hitung
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu
Materi Ajar
Pengukuran tanda waktu
Metode Pembelajaran
ceramah
Tanya Jawab
Latihan dan Penugasan
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan awal  20 menit
Guru memberi salam pada peserta didik dan peserta didik menjawab salam guru
Guru mengamati kehadiran peserta didik, kerapian dan kelengkapan pakaian seragam
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran
Kegiatan inti 40 menit
Eksplorasi
Guru memberikan contoh melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu
Elaborasi
Guru memberikan tugas pada peserta didik  untuk mengerjakan contoh soal cerita tentang tanda waktu
Konfirmasi (120 menit)
Peserta didik mampu mengerjakan hasil jawaban dimuka kelas secara bergantian
Kegiatan akhir : 30 menit
Guru melakukan refleksi
Apakah inti dari hasil pembelajaran yang sudah berlangsung
Adakah hal-hal yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dalam pembelajaran ini
Apakah manfaat yang anda dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
Guru memberi pengayaan berupa pertanyaan secara lisan sebagai umpan balik
Guru mengimformasikan tugas dan persiapan pertemuan berikutnya




Alat/Bahan Sumber Belajar
Matematika kelas V
Buku-buku relevan
KTSP 2006
Pengembangan Guru
Penilaian
Indikator
Penilaian
Instrument
Karakter
teknik
Bentuk Instrumen
Mampu melakukan pengerjaan hitung dengan melibatkan satuan waktu

Tes Tulisan
Unjuk kerja





Daftar pertanyaan







-   Gambarlah pada jam pukul 13,00
-   Ayah pulang dari Jakarta pukul 23,00 atau disebut juga pukul…..
Mandiri
Rasa ingin tahu


gowa,   2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Kelas

1 komentar:

  1. bagi yang mau rpp lihgat aja di sini. kawan butuh, informasi kirim aja ke email ....sahadn420@gmail.com

    BalasHapus