RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS IV
SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Matematika
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi :
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
II. Indikator : 1. Mengetahui jenis operasi hitung
III. Tujuan Pembelajaran : 1. Mengetahui jenis operasi hitung
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Games, Tanya Jawab, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Kegiatan Inti
1. Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung
2. Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M. Khafid Suyati, Erlangga.
2. Buku lain yang relevan
3. Kegiatan keseharian yang relevan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Contoh Instrumen
1. Sebutkan jenis-jenis operasi hitung
2. Sebutkan kegiatan sehari hari yang berhubungan dengan opesi hitung!
3. dst.
……………………,……….…………………2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
II. Indikator :
1. Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. Melakukan perkalian dengan satu
3. Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. Melakukan perkalian dengan satu
3. Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
1. Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
2. Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
1. penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. perkalian dengan satu
3. perkalian dua angka dengan angka sebelas
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Kegiatan sehari-hari yang relefan
5. Angka-angka
I. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Contoh Instrumen
1. 12 + 0 = ...
2. 56 x 0 = ...
3. 75 x 1 = ...
4. 1244 x 11 = ...
5. Coba kalian simpulkan:
Setiap angka ditambah dengan nol hasilnya ....
Setiap angka dikalikan dengan nol hasilnya ....
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 3 - 5
Alokasi waktu : 5 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
I. Indikator :
Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
II. Tujuan Pembelajaran :
Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
III. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
IV. Metode Pembelajaran : percobaan, diskusi, Tanya jawab, latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
1. Apresepsi/ Motivasi
2. Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Ceritra menarik yang berhubungan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Contoh Instrumen
- 132 + 156 = ...
- 212 x 8 = ...
- 524 x 13 = ...
- 245 x 234 = ...
- dst.
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 6 - 7
Alokasi waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
II. Indikator :
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
III. Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Percobaan, tanya Jawab, diskusi, latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar